Profil
· Profil Balai
· Sasaran Pelayanan
· Visi dan Misi
· Tugas Pokok Dan Fungsi
· Pendistribusian Tugas
· Survei Persepsi Korupsi
· Survei Kepuasan Masyarakat
· Standar Pelayanan
· Struktur Organisasi
· Pegawai dan Kode Etik Pegawai
· Maklumat Pelayanan
· Jam Pelayanan dan Budaya Kerja

Menu Utama
· Depan
· Akun Anda
· Arsip Berita
· Kirim Berita
· Kontak
· Search
· Top 10
· Topics

Login
Nama Login

Password

Daftar
Lupa Password.

ATENSI: Pemberdayaan Alumni PM Putri Melalui SKA
-----------------------------------------------------------------------------------
Dipublikasi pada Senin, 20 September 2021 by paramita
-----------------------------------------------------------------------------------

Berita

 LOMBOK BARAT (03 September 2021) - Kementerian Sosial melalui Balai “Paramita” di Mataram menjalankan tugas dan fungsinya untuk melakukan rehabilitasi sosial bagi Penerima Manfaat (PM) baik dalam Balai yang berbasis residensial maupun di luar balai yang berbasis komunitas atau keluarga serta bimbingan lanjut pasca PM terminasi dan reunifikasi kembali ke Keluarga.

 

Salah satu Alumni PM Putri Balai Paramita, “A”, merupakan anak korban kejahatan seksual yang telah menjalani asistensi rehabilitasi sosial dalam balai untuk memulihkan kondisi psikologisnya serta kesiapan melahirkan bayi. Ia datang pada bulan April 2021 serta menunjukkan progres sikap positif dan antusiasmenya dalam menjalankan setiap fase dan jadwal yang diberikan oleh Balai Paramita. Tentunya seluruh rangkaian jadwal yang diberikan kepada “A” dilakukan secara sistematis dengan pendampingan sosial yang diberikan oleh para profesional seperti: pekerja sosial, perawat, psikolog.

 

Pasca melahirkan dan reunifikasi kepada keluarga pada bulan Agustus 2021 lalu, "A" menggeluti keterampilan dan bisnis keluarga pembuatan gula aren yang juga didampingi oleh kakak kandungnya. Ia cukup bersemangat untuk melanjutkan usaha yang dimiliki oleh keluarganya.

 

Tak ingin tinggal diam, Balai "Paramita" yang kini tengah berinovasi dalam mengembangkan Sentra Kreasi ATENSI (SKA) dan memunculkan beragam produk hasil kreativitas anak pun ingin turut andil dalam pengembangan bakat dan kemampuan serta passion yang dimiliki oleh "A".

 

Langkah yang telah diambil oleh Balai "Paramita" adalah dengan memasarkan produk gula aren yang diproduksi oleh "A" di rumahnya yang berada di Lombok Utara. Gula Aren yang telah dikemas apik dipasarkan melalui etalase yang dipajang di SKA Balai maupun promosi secara langsung.

 

Promosi langsung yang dilakukan oleh Balai "Paramita" diawali dari promosi di lingkup kecil yakni pegawai di lingkungan balai dilanjutkan dengan mitra terdekat balai. Dan terbukti, 10 kilogram gula aren yang telah diorder oleh SKA Paramita ludes terjual dalam hitungan menit, tak sampai 1 jam.

 

"Kami tentunya turut berbangga dapat melahirkan anak-anak yang tak berputus asa meskipun pernah mengalami permasalahan sosial yang berat. Selama anak berada di Balai kami memberikan penguatan, terapi, pendampingan dan dukungan dukungan sosial yang mengarah tak sekedar pada perubahan perilaku namun juga pada kemandirian anak. Dan kini terbukti, anak alumni balai kami telah mandiri dan mampu bersaing di luar sana." Tutur Ketut Supena, Kepala Balai "Paramita".

 

Supena sangat optimis bahwa setelah ini akan ada alumni-alumni Balai "Paramita" yang juga akan menyusul "A" dalam memproduksi hasil karya yang mampu bersaing secara maksimal di masyarakat.

 

Penulis: Den Ardani AS.





 
Link Terkait
· Lebih Banyak Tentang Berita
· Berita oleh paramita


Berita terpopuler tentang Berita:
Serah Terima 4 Bayi Adopsi Balai Anak Paramita Mataram kepada COTA


Nilai Berita
Rata-rata: 0
Pemilih: 0

Beri nilai berita ini:

Luar Biasa
Sangat Bagus
Bagus
Biasa
Jelek


Opsi

 Versi Cetak Versi Cetak


Topics Terkait

Berita

BRSAMPK PARAMITA MATARAM
Kementerian Sosial Republik Indonesia