Profil
· Profil Balai
· Sasaran Pelayanan
· Visi dan Misi
· Tugas Pokok Dan Fungsi
· Pendistribusian Tugas
· Survei Persepsi Korupsi
· Survei Kepuasan Masyarakat
· Standar Pelayanan
· Struktur Organisasi
· Pegawai dan Kode Etik Pegawai
· Maklumat Pelayanan
· Jam Pelayanan dan Budaya Kerja

Menu Utama
· Depan
· Akun Anda
· Arsip Berita
· Kirim Berita
· Kontak
· Search
· Top 10
· Topics

Login
Nama Login

Password

Daftar
Lupa Password.

ATENSI: Paramita Berikan ATENSI Kepada Lansia bedridden
-----------------------------------------------------------------------------------
Dipublikasi pada Senin, 20 September 2021 by paramita
-----------------------------------------------------------------------------------

Berita

 LOMBOK BARAT (13 September 2021) - Kementerian Sosial melalui Balai "Paramita" di Mataram melaksanakan Implementasi Program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) terhadap Lanjut Usia.                                  

 

Berdasarkan hasil asesmen komprehensif yang dilakukan oleh Pendamping Rehabilitasi Sosial Kabupaten Lombok Barat terhadap Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), ditemukan bahwa “Mu” merupakan lansia bedridden. kesehariannya beliau diurus oleh istrinya. Sejak “Mu” sakit, keduanya tidak memiliki pendapatan dan makan seadanya dari tetangga sekitar.

 

Sebelum “Mu” sakit, beliau dapat menghidupi anak dan istrinya dengan bekerja sebagai pemulung. Penghasilan pun tidak menentu namun cukup untuk biaya makan sehari-hari “Mu” dan keluarganya.

 

Rumah yang di tempati “Mu” tidak layak karena berdinding batako yang sudah retak akibat gempa tahun 2018 lalu. “Mu” pun tidak pernah mendapat bantuan apapun termasuk bantuan rumah bekas gempa. Rumah tersebut juga terlihat hampir rubuh dan tidak mempunyai pintu, lantainya pun masih beralaskan tanah.

 

Saat ini “Mu” juga mengalami sakit kencing darah, namun karena keterbatasan ekonomi sehingga beliau hanya bisa diam dan menahan rasa sakit, bahkan hingga saat ini “Mu” juga tidak tercatat sebagai peserta jaminan kesehatan (BPJS).

 

Pada kesempatan ini, menindaklanjuti hasil asesmen pendamping rehabilitasi sosial, Balai Paramita menyalurkan bantuan berupa Spring Bed dan bantal masing-masing 1 buah, sprei 1 set dan makanan siap saji 10 pack.

 

Selain itu, tim Balai Paramita berkoordinasi dengan Kepala Dusun Bug-Bug Desa Bug-bug Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat, Pekerja Sosial Balai Paramita dan Pendamping Rehabilitasi Sosial membantu proses pengusulan jaminan kesehatan Lanjut Usia melalui Kepala Dusun yang hadir dalam penyerahan Program ATENSI bagi Lanjut Usia berjalan lancar, sehingga “Mu” dapat mengakses berbagai layanan dan program pemerintah khususnya bidang kesehatan.

 

"Semoga bantuan dari Balai Kementerian Sosial ini dapat meringankan beban Bapak Mu" ungkap Ketut Supena, Kepala Balai “Paramita”.

 

Penulis: Den Ardani AS.





 
Link Terkait
· Lebih Banyak Tentang Berita
· Berita oleh paramita


Berita terpopuler tentang Berita:
Serah Terima 4 Bayi Adopsi Balai Anak Paramita Mataram kepada COTA


Nilai Berita
Rata-rata: 0
Pemilih: 0

Beri nilai berita ini:

Luar Biasa
Sangat Bagus
Bagus
Biasa
Jelek


Opsi

 Versi Cetak Versi Cetak


Topics Terkait

Berita

BRSAMPK PARAMITA MATARAM
Kementerian Sosial Republik Indonesia