Profil
· Profil Balai
· Sasaran Pelayanan
· Visi dan Misi
· Tugas Pokok Dan Fungsi
· Pendistribusian Tugas
· Survei Persepsi Korupsi
· Survei Kepuasan Masyarakat
· Standar Pelayanan
· Struktur Organisasi
· Pegawai dan Kode Etik Pegawai
· Maklumat Pelayanan
· Jam Pelayanan dan Budaya Kerja

Menu Utama
· Depan
· Akun Anda
· Arsip Berita
· Kirim Berita
· Kontak
· Search
· Top 10
· Topics

Login
Nama Login

Password

Daftar
Lupa Password.

ATENSI: Lakukan Reintegrasi dan Reunifikasi, Kemensos RI Kembalikan E Pada Keluarga
-----------------------------------------------------------------------------------
Dipublikasi pada Rabu, 25 November 2020 by paramita
-----------------------------------------------------------------------------------

Berita

Lombok Timur (25  November 2020) - Balai Anak "Paramita" di Mataram melakukan reunfikasi dan reintegrasi Penerima Manfaat (PM) Putri kepada masyarakat. Kegiatan yang dimulai pukul 13.00 WITA bertempat di kediaman Ketua RT yang sekaligus paman PM dan dihadiri oleh keluarga besar PM. Kegiatan yang difasilitasi oleh Mira Nitakusminar selaku Pekerja Sosial dari Balai Anak "Paramita" di Mataram berlangsung dengan lancar tanpa adanya kendala.

 

"E" merupakan seorang anak yang menjadi PM di Balai Anak "Paramita" di Mataram dengan klaster permasalahan anak korban kejahatan seksual yang dilakukan oleh bapak tiri, yang mana akibat dari kejadian tersebut keluarganya mengalami permasalahan sosial lainnya, dimana ibu kandung dan 4 orang anaknya termasuk PM diusir dari kampung halamannya, sehingga mereka harus tinggal mengontrak sebuah rumah yang jauh dari desanya. Sehari-hari, ibunya menjadi tulang punggung keluarga dengan menjadi buruh tembakau tetapi semenjak diusir dari desanya tidak ada lagi pekerjaan yang dapat dilakukan. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka mengandalkan pemberian dari masyarakat setempat dan anak pertamanya yang sudah menikah.

Pekerja sosial melakukan persuasi kepada tokoh dan perwakilan masyarakat setempat agar anak dan bayinya dapat diterima kembali di kampungnya. Petugas melakukan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya tumbuhkembang anak di dalam keluarga. Terlebih "E" sangat ingin merawat bayinya dan didukung oleh ibu dan kakaknya.

Melalui rembuk warga bersama pekerja sosial dan Kepala Balai akhirnya diputuskan bahwa anak dan bayinya diterima kembali di kampungnya. "Kita terima bayi ini, namanya anak kan tidak punya salah, bapaknyalah yang salah" tandas kepala dusun setempat yang juga mengawal pertemuan tersebut.

Sebelum dilakukan reunifikasi, pekerja sosial memastikan kembali kesiapan keluarga terkait kepulangan anak dan bayinya. Keluarga pun sudah lama menantikan kepulangan anak dan bayinya. Keluarga besarnya siap memberikan bantuan dan membimbing penerima manfaat.

Kepulangan PM dan bayinya disambut gembira oleh keluarganya. Banyak anak-anak kecil yang memanggil-manggil nama PM dengan gembira saat melihat PM diantarkan pulang. Keluarga besarnya berdatangan menghampiri PM.

Mira kemudian mengembalikan PM kepada keluarganya agar dapat dibantu dan dibimbing dalam pengasuhan bayinya, ia mengatakan "selamat berkumpul kembali dengan keluarga, jaga baik-baik anaknya. Jangan sungkan untuk meminta bantuan keluarga apabila ada kesulitan. Mereka siap untuk membantu seperti apa yang telah dikatakan oleh keluargamu tadi ya." Mira juga berpesan kepada “E” agar ia tidak lupa untuk mengikutsertakan bayinya dalam pemeriksaan di posyandu agar tumbuh kembangnya dapat terkontrol.

Pihak keluarga mengungkapkan "kami siap membimbing anak ini supaya lebih baik lagi, kalau dia perlu makan atau apa tinggal datang saja ke rumah". Istri pak Rohman pun mengatakan "jangan diam-diam saja dirumah, main-main saja kesini, namanya tinggal di gubuk pasti ada saja yang membicarakan tapi biarkan saja mereka, yang penting urus saja anakmu baik-baik" ungkapnya di akhir sesi pertemuan pada sore hari ini.

 

Penulis: Den Ardani AS.





 
Link Terkait
· Lebih Banyak Tentang Berita
· Berita oleh paramita


Berita terpopuler tentang Berita:
Serah Terima 4 Bayi Adopsi Balai Anak Paramita Mataram kepada COTA


Nilai Berita
Rata-rata: 0
Pemilih: 0

Beri nilai berita ini:

Luar Biasa
Sangat Bagus
Bagus
Biasa
Jelek


Opsi

 Versi Cetak Versi Cetak


Topics Terkait

Berita

BRSAMPK PARAMITA MATARAM
Kementerian Sosial Republik Indonesia